EPIDEMIOLOGI ASMA BRONKIAL PDF

Jurnal Epidemiologi Indonesia Vol 4, No 3 (). Prevalensi dan Faktor Resiko Asma Bronkial pada Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertaina. Data PTM dalam Riskesdas meliputi: (1) asma; (2) penyakit paru obstruksi Prevalensi asma, PPOK, dan kanker berdasarkan wawancara di Indonesia. Table 6. Phase I ISAAC Study in Indonesia, Age Group Years. Prevalence of Wheeze Ever, Wheeze Past Year and Asthma Ever – “Epidemiology of.

Author: Melar Dukus
Country: Kenya
Language: English (Spanish)
Genre: Medical
Published (Last): 19 July 2008
Pages: 222
PDF File Size: 9.57 Mb
ePub File Size: 15.75 Mb
ISBN: 652-2-30944-834-7
Downloads: 18661
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Aranris

Passive smoking is a risk factor for asthma. Sebelum pemeriksaan subjek sudah tahu tentang tujuan pemeriksaan dan manuver yang akan dilakukan. Keberadaan penyakit penyerta juga turut mempersulit diagnosis. Pasien yang pernah menjalani terapi controller Jika diagnosis asma belum ditegakkan, konfirmasi diagnosis perlu dilakukan.

ASMA GINA – Free Download PDF

Berikut ini adalah ciri-ciri pasien dengan risiko kematian akibat asma: Curr Opin Pulm Med; Epidemiologi asma di Indonesia. Akan tetapi, jika skin prick test dan pengukuran sIgE positif, hal ini tidak selalu menghasilkan gejala, karena itu perlu anamnesis yang cermat GINA, Penilaian asma meliputi pengendalian gejala asma serta epkdemiologi faktor risiko untuk eksaserbasi dan prognosis yang buruk.

Eksaserbasi adalah perburukan akut atau subakut dalam hal gejala dan fungsi paru dari keadaan pasien biasanya, dan dalam beberapa kasus, gejala klinis pertama dari asma.

Asma jenis ini tidak berespon baik terhadap kortikosteroid inhalasi. Pernah dirawat inap atau perawatan IGD akibat asma dalam waktu 12 bulan terakhir c.

Kondisi lingkungan, ruang pemeriksaan harus bbronkial sistem ventilasi yang baik dan suhu udara berkisar antara 17 — 40 0C 5. Pasien asma dengan alergi makanan 3.

Epidemiology of asthma in Indonesia.

Perlu juga dilakukan pemeriksaan hidung untuk menemukan adanya rinitis alergi atau polip nasal GINA, Jumlah udara yang dikeluarkan as,a dalam 1 detik pertama pada waktu ekspirasi maksimal setelah inspirasi maksimal volume udara yang dapat diekspirasi dalam waktu standar selama pengukuran kapasitas vital paksa.

  LM111 DATASHEET PDF

Penyakit asma masuk dalam sepuluh besar penyebab kesakitan dan kematian di Indonesia.

Indikasi merujuk ke fasilitas kesehatan lebih lanjut: We are a non-profit group that run this website to share documents. Pasien dengan asma tipe ini biasanya berespon baik terhadap terapi kortikosteroid inhalasi.

Dpidemiologi adalah kecepatan arus ekpirasi maksimal yang dapat dicapai saat ekspirasi paksa. There was no significant difference among sexes p: Pernah mengalami penyakit psikiatrik atau masalah psikososial h. Definisi Spirometri merupakan suatu pemeriksaan yang menilai fungsi terintegrasi mekanik paru, dinding dada dan otot-otot pernapasan dengan mengukur jumlah volume udara yang dihembuskan dari kapasitas paru total TLC ke volume residu Uyainah, Thank you for interesting in our services.

Gambaran penatalaksanaan asma pada praktek umum.

Gizi, Kesehatan Reproduksi dan Epidemiologi

FENO menurun pada perokok dan saat terjadi bronkokonstriksi, dan meningkata bron,ial terjadi infeksi pernafasan viral. Jika pemeriksaan objektif perlu dilakukan untuk konfirmasi diagnosis, tidak dianjurkan untuk melakukan uji provokasi bronkus atau untuk menurunkan terapi controller sampai selesai persalinan GINA, Terbangun di Ya 1 poin malam hari Epidemiollogi 0 karena asma poin Tidak Terdapat 3.

Hal ini paling sering terjadi pada anak-anak dan memberat saat malam hari dengan fungsi paru normal. Manuver APE arus puncak ekspirasi. Riwayat atopik dapat diperiksa dengan skin prick test dan pengukuran serum IgE. Apabila subjek merasa pusing maka manuver segera dihentikan karena dapat menyebabkan subjek pingsan. Karakteristik demografis, klinis atau patofisiologis disebut sebagai fenotipe asma.

Pengukuran sIgE tidak lebih sensitif dari skin prick test tapi lebih mahal dan digunakan untuk pasien dengan pasien tidak kooperatif. Jika diagnosis tetap tidak bisa ditegakkan, maka perlu dilakukan rujukan ke fasilitas kesehatan yang lebih tinggi GINA, Clin Exp Allergy; Asma dengan obesitas Beberapa pasien obesitas dengan asma memiliki gejala pernapasan yang sangat menonjol dan sedikit inflamasi jalan nafas eosinofilik C.

  HEMATOMA INTRAPARENQUIMATOSA PDF

Subjek bernapas melalui spirometri dengan sangat cepat, kuat dan sedalam mungkin selama minimal detik. Kontrol stress emosional k. Anamnesis dan pemeriksaan fisik yang cermat, ditambah dengna pemeriksaan EKG dan foto thorax dapat membantu diagnosis. Hampir separuh dari seluruh pasien asma pernah dirawat di rumah sakit dan melakukan kunjungan ke bagian gawat darurat setiap tahunnya Rengganis, Add-on therapy untuk MDI Golongan santin Sirup, tablet pasien dengan asma berat, mulai dipertimbangkan jika pasien mengalami gejala persisten dan eksaserbasi yang terus menerus walaupun sudah diberikan terapi secara optimal.

Tidak terjadi obstruksi pada mouthpiece 7. Pasien dengan cough variant asthma memiliki gejala utama batuk kronik, jika tidak, mungkin gejala tersebut terkait dengan hiperresponsivitas.

Diet sehat dan Penurunan Berat badan h. Pemeriksaan sputum pada pasien tersebut sebelum terapi kadang menemukan inflamasi jalan nafas eosinofilik. Semua pasien seharusnya diberikan tatalaksana tertulis sesuai dengan derajat asma sehingga dapat memudahkan mengenali dan menangani asma GINA, Bronchial Asthma epivemiologi are expected to always control the disease and avoid the trigger factors of Asthma.

Immunobiology of Asthma and Rhinitis: Klasifikasi Asma adalah penyakit yang heterogen dengan berbagai proses penyebab.

Gejala terbatasnya jalan nafas dapat sembuh secara spontan dengan pengobatan dan dapat menghilang selama beberapa minggu atau bulan. Defisiensi alfa-1 antitripsin h. Hiperventilasi, pernafasan disfungsional epidemmiologi. Beratnya asma pasien yang mengunjungi dokter umum. Beberapa aspek epidemiologi dan klinik status asmatikus.

No Comments

Categories: Technology